Tuesday, July 04, 2006

Selintas Perjalanan Terbentuknya PASKIBRAKA Tahun 2000 s/d 2005

SEKILAS PROSES TERBENTUKNYA PASKIBRAKA 2000



1. Seleksi PASKIBRAKA (22 dan 23 Maret 2000)
Seleksi Calon PASKIBRAKA 2000 dilaksanakan di Dinas Pendikan Kabupaten Sumedang. Yang lolos pada saat itu terdiri dari :

1 Agung Irawan SMK KORPRI
2 Agus Rohimat SMK YASPRI
3 Ammy Astrilia SMU Negeri 1 Sumedang
4 Asep Wawan Suwandi SMU Negeri 1 Situraja
5 Dani Abdurrahman SMK Negeri 1 Sumedang
6 Dede Hari Rosimar SMU Negeri 1 Situraja
7 Devi Yudiana SMU Negeri 2 Sumedang
8 Dudung Heriaman SMU Negeri 1 Sumedang
9 Eka Agustini SMU Negeri 1 Tj. Kerta
9 Elly Nur’aeni SMU Negeri 1 Tj. Kerta
10 Ferawati Febriani SMK Negeri 2 Sumedang
11 Ferty Oktavianti SMK Negeri 2 Sumedang
12 Gatot Yuniarta SMK YP Geusan Ulun
13 Heriyanto SMU Negeri 1 Cimalaka
14 Kiki Arisandhi SMK YP Geusan Ulun
15 Lalan Suwarlan SMK Negeri 1 Sumedang
16 Lussa Ayatillahi Azizah SMU Negeri 1 Tj. Sari
17 Ni’a Herlina SMU Negeri 1 Sumedang
18 Ningki Rahayu Ningsih SMU Negeri 2 Sumedang
19 Noneng Cahyani SMK Negeri 2 Sumedang
20 Nopi Martini SMU Negeri 1 Situraja
21 Novi Wulansari SMU Negeri 1 Darmaraja
22 Nur Susanti SMK MM Sumedang
23 Otong Ayen Rukmana SMU Negeri 1 Tomo
24 Rima Mardiani SMU Negeri 2 Cimalaka
25 Surya Supriyadi SMK YP Geusan Ulun
26 Wenda Siti Nurwenda SMU Negeri 1 Tomo
27 Yudi Hartono SMK YP Geusan Ulun
28 Yuliana Tj SMU Negeri 2 Sumedang
29 Yuni Puteri Handini SMU Al-Masoem
30 Cucu SMA Wado *)
31 Iwan Fals SMA Wado *)
32 Lupa Lagi *)
*) Mengundurkan diri


2. Latihan Mingguan
Dalam latihan mingguan ini terdapat beberapa anggota Calon PASKIBRAKA yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Patut diketahui bahwa tahun-tahun sebelumnya tak pernah ada istilah anggota Calon PASKIBARAKA yang mengundurkan diri. Entah kenapa hal ini dapat terjadi. Padahal dengan mengundurkan diri itu sama saja melepaskan suatu kesempatan emas yang tak akan pernah terulang kembali untuk kedua kalinya.

3. Latihan Intensif
Latihan Intensif dilakukan di Alun-alun Sumedang, kala itu Sekretariat PPI Kabupaten Sumedang terletak di Jalan P. Geusan Ulun daerah Gunung Cina Sumedang yang pada saat itu merupakan Kampus STAI Unsap Sumedang.
Hal yang cukup unik dari Angkatan 2000 ini adalah Nama Pasukan yang tercantum dalam Pakaian Latihan yaitu Bukan Nama “PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA” melainkan “BARISAN GENERASI MUDA PENGIBAR BENDERA MERAH PUTIH”. Entah dari nama berasalnya Nama itu.

4. Pengasramaan (15 s/d 18 Agustus 2000)
Untuk pertama dan terakhir kalinya PASKIBRAKA Tahun 2000 diasarakan di sebuah Penginapan Kelas Melati di Pusata Kota Sumedang yakni, Penginapan Hegarmanah Sukarame Sumedang, segala sesuatu yang terjadi disana dalam kesempatan ini oleh Penulis tak bisa diungkapkan/diceritakan, sebab penulis sendiri tidak mengikuti kegiatan tersebut.
Justeru pada kesempatan ini akan diceritakan pengalaman Penulis tatkala mengikuti Pengasramaan PASKIBRAKA Tahun 2000 Tingkat Propinsi Sumatera Utara, sebagai bahan perbandingan.
Penulis berangkat ke Medan Sumatera Utara pada tanggal 13 Agustus 2000, pada saat itu ada kepentingan keluarga yang mendadak sehingga mengharuskan pergi kesana. Seingat Saya tempat tinggal Saudara di Medan tidak jauh dari Lapangan Medeka, dilingkungan Komplek Kantor Gubernur Propinsi Sumatera Utara yang merupakan tempat dilaksanakannya Upacara Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka. Sekalian saja saya membawa Pakaian Dinas Harian PPI Lengkap dengan Atributnya.
Pengasramaan PASKIBRAKA Tahun 2000 Tingkat Propinsi Sumetera Utara dilaksanakan mulai tanggal 14 s/d 20 Agustus 2000 bertempat di Komplek P3GT Jalan Pulau Brayan Medan. P3GT sendiri adalah suatu Komplek Pendidikan dan Latihan Milik Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.
Disana saya bertemu dengan PASKIBRAKA Nasional Tahun 2000 bernama DETANIA Siswi SMA Negeri 1 Medan yang tatkala bertugas di Jakarta merupakan Teman Dekat PUTERI BHATARI Anggota PASKIBRAKA NASIONAL Utusan Jawa Barat Perwakilan Dari Kabupaten Sumedang. Di Tempat Pengasramaan tersebut saya diterima dengan baik layaknya di daerah sendiri dan pada saat itu saya diberi kesempatan memperkenalkan diri sekaligus memberikan gambaran tentang PASKIBRAKA di Kabupaten Sumedang.
Pola pendidikan dan pelatihan PASKIBRAKA di sana tidak jauh seperti di Kabupaten Sumedang, namun kalau boleh jujur dapat dikatakan malahan lebih bagus kita. Hal itu dapat kita maklumi bahwa keberadaan PASKIBRA disana dikenal hanya pada saat Bulan Agustus saja. Jadi yang namanya Paskibra Satuan itu belum ada, dapat dikatanakan dengan waktu yang sesingkat itu PPI disana harus menempa Capaska dari Nol.
Hanya saja kalau di lihat dari SDM di Sumatera Utara, postus tubuh anggota sangatlah ideal. Dengan badan yang tegap dan gagah serta PDU yang begitu mewah sungguh membuat hati saya iri.
Dalam Upacara, Mereka menggunakan Formasi yang mereka sebut Formasi Bintang. Kenapa disebut Formasi Bintang mungkin karena kalau di lihat seperti Bintang, yakni seluruh pasukan baik 17 dan 8 membentuk formasi mengelilingi Tiang Bendera. Pasukan 45 pada saat itu dari YON ARMED MEDAN.
Singkat cerita, hal yang dapat saya petik pada saat itu adalah sikap terbuka/welcome dari Senior PPI yang dapat menerima saya sebagai bagian dari PPI Propinsi Sumatera Utara. Hal ini membuktikan bahwa seluruh anggota PPI adalah satu kesatuan yang utuh, yang membedakan hanyalah atribut daerah yang dikenakan.

5. Pelaksanaan
Upacara puncak Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 55 Tahun 2000 Tingkat Kabupaten Sumedang dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2000 bertempat di Alun-alun Sumedang. Keunikan lain dari PASKIBRAKA Tahun 2000 yaitu tampilnya PASKIBRAKA tanpa didampingi oleh Pengawal (Pasukan 45), karena pada saat itu Anggota YONIF 301/PKS sedang menunaikan tugas ke Timor-Timur.
Ada enak dan tidak enaknya juga kala pasukan tidak didampingi dengan TNI, enaknya kita tidak usah repot-repot untuk penyamaan dan penyeragaman langkah dengan meraka, namun di sisi lain hilangnya pengalaman bagaimana rasanya di gabung dengan TNI.

6. Penerimaan Anggota PPI
Penerimaan anggota PPI Tahun 2000 dilaksanakan di Lingkungan Pacuan Kuda, Dano Sumedang pada tanggal 18 Agustus 2000.



SEKILAS PROSES TERBENTUKNYA PASKIBRAKA 2001


1. Seleksi PASKIBRAKA tgl. 23 dan 24 April 2001
1 Angga SMU Negeri 1 Situraja
2 Arifin Ergan SMU Negeri 1 Cimalaka
3 Asep Dadi SMK Korpri
4 Chandra Setiabudi SMK Korpri
5 Dede Nur’ali SMK Negeri 1 Sumedang
6 Dedin Muhyidin SMU Negeri 1 Cimalaka
7 Dina Permatasari SMU Negeri 1 Cimalaka
8 Gina Irawati SMU Negeri 1 Tj. Sari
9 Iit Triyani SMU Negeri 2 Sumedang
10 Iyar Susanti SMK Negeri 2 Sumedang
11 Jaenudin SMK YPGU
12 Kartika Sari SMK MM Sumedang
13 Leni Pebriani SMU Negeri 1 Tj.Sari
14 Lukman Sidik SMK Negeri 1 Sumedang
15 Marli Eka Lestari SMU Negeri 1 Sumedang
16 Mela Aprilia Merdekawati SMU Petang
17 Nenden Nirmalasari SMU Al-Masoem
18 Ridha Meisyari SMU Negeri 2 Cimalaka
19 Rina Karlina Sriyani SMU Negeri 1 Sumedang
20 Rina Sriyana SMK Negeri 2 Sumedang
21 Rochendi SMU Negeri 1 Sumedang
22 Suci Fatmawati SMU Negeri 1 Tj. Kerta
23 Suherna Mulyana SMK Negeri 1 Sumedang
24 Teti Kartika SMU Negeri 2 Sumedang
25 Tini Rostini SMK MM Sumedang
26 Widianti Novita SMU Negeri 2 Sumedang
27 Yayat Supriatna SMK Maarif 1 Sumedang
28 Yesy Maesyaroh SMU Negeri 2 Cimalaka
29 Yeye SMU Negeri 1 Darmaraja
30 Lilis Lismiani SMU Negeri 1 Tomo *)
31 Pupung SMUN 1 Sumedang *)
32 Dewi Alena SMU AL-Masoem *)
33 Tubagus Agung SMUN 1 Darmaraja *)
34 Angga SMUN 1 Darmaraja *)

*) Mengundurkan diri


2. Pengasramaan
PASKIBRAKA Tahun 2001 adalah satu angkatan yang melaksanakan Pengasramaan sekaligus di dua tempat, yakni tanggal 13 s/d 16 Agustus 2001 bertempat di Barak Balacad YONIF 301/PKS dan pada tangal 16 s/d 18 Agustus 2001 pindah ke Diklat KGS Sumedang, Jalan Kartini Sumedang, hal ini dilakukan dengan alasan untuk mengantisipasinya PASKIBRAKA Tahun 2001 terlambat mengikuti Pengukuhan seperti tahun-tahun sebelumnya.


3. Pelaksanaan
Upacara puncak Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 56 Tahun 2001 Tingkat Kabupaten Sumedang dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2001 bertempat di Alun-alun Sumedang.
Alhamdulillah Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dapat dikatakan sukses dan berhasil.













SELINTAS PROSES PERJALANAN PASKIBRAKA 2002


1. Seleksi PASKIBRAKA (6-7 Mei 2002)
Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kab. Sumedang Tahun 2002 dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 7 Mei 2002 bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan PGSD Sumedang.
Materi Seleksi pada hari pertama difokus pada materi yang bersifat non fisik diantaranya, Pemeriksaan Administrasi, Test Wawancara dll. Hari kedua mulai menginjak pada test yang bersifat fisik diantaranya TKJ bertempat di PGSD Sumedang setelah itu dilanjutkan dengan Test PBB, Adiraga dll yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan serta Lapangan Tenis Tegalkalong.
Jumlah anggota yang lolos pada Seleksi waktu seluruhnya berjumlah 40 Orang dengan rincian 35 orang calon anggota inti ditambah 5 orang cadangan. (Namun pada waktu proses latihan terjadi degradari/penyusutan hingga pada akhirnya hanya 32 orang saja yang bertahan. (penyusutan ini terjadi sejak tahun 1998, padahal pada tahun-tahun sebelum 1998 hal ini tak pernah terjadi-red). Pada kesempatan ini pula berhasil dijaring perwakilan guna mengikuti Seleksi di Tingkat Propinsi Jawa Barat sebanyak 4 orang yakni Insan Mulyawan, Lina Mardiana, Yudi dan Winda Mailya. Pada akhirnya yang lolos seleksi Tingkat Jawa Barat hanya seorang yaitu Insan Mulyawan)

1 Abdul Rahman SMK YPGU Sumedang
2 Agus Jaelani SMK Negeri 1 Sumedang
3 Agustina SMU Negeri 2 Cimalaka
4 Asep Ega Nugraha SMU Negeri 1 Situraja
5 Asep Gilar Sagita SMU Negeri 1 Darmaraja
6 Brian Adi Kurniawan SMU Al-Masoem
7 Dadi Haryadi SMU Negeri 1 Darmaraja
8 Dera Siti Haryati SMU Negeri 1 Situraja
9 Dini Dwi Nur’aeni SMU Negeri 1 Situraja
10 Elis Devi Rostiani SMU Negeri 1 Tomo
11 Enok Apriani SMU Negeri 2 Cimalaka
12 Fuad Hilmi SMU Negeri 2 Sumedang
13 Gurnita Aji SMU Negeri 1 Cimalaka
14 Ida Rohimas Kurnia SMU Negeri 1 Cimalaka
15 Iman Ruhiman SMU Negeri 2 Sumedang
16 Imat Rohimat SMU Negeri 2 Cimalaka
17 Insan Mulyawan SMU Negeri 2 Cimalaka
18 Irma Yuliawantini SMU Negeri 1 Sumedang
19 Juju Julaeha SMU Negeri 1 Wado
20 Komala Oktavianti SMU Negeri 1 Wado
21 Linda Purnawati SMK Negeri 2 Sumedang
22 Lyna Mardiana SMU Negeri 1 Cimalaka
23 Nisa Chaerunisa SMU Negeri 1 Conggeang
24 Rika Mahardika SMU Negeri 1 Cimalaka
25 Solihin SMK Pemuda
26 Sonia Ayu Lestari SMU Negeri 1 Sumedang
27 Sri Mulyati SMK Negeri 2 Sumedang
28 Wawan Kurniawan SMK YPGU Sumedang
29 Winda Mailya SMU Negeri 1 Tj.Sari
30 Wulan SMU YKM
31 Yayat Hidayat SMU Negeri Cikeruh
32 Yudi Wijaya SMU Petang
33 Dadang SMUN 1 Sumedang *)
34 Iwan SMUN 1 Rancakalong *)
35 Neneng Suningsih SMUN 1 Tanjungkerta *)

*) Mengundurkan diri.


2. Latihan Mingguan (26 Mei s.d 28 Juli 2002)
Latihan Rutin/Mingguan dilaksanakan setiap hari Minggu, mulai tanggal 26 Mei 2002 bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan selanjutnya dilaksanakan di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Sumedang (mendekati tempat pelaksanaan-red).
Pada proses latihan mingguan inilah terjadi degradasi/penyusutan anggota yang sebenarnya tak diinginkan oleh kita semua.

3. Latihan Intensif (5 s/d 10 Agustus 2002)
Latihan Intensif dilaksanakan mulai hari Senin tanggal 5 Agustus 2002 diawali dengan pembagian Pakaian Latihan yang dilakukan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang yang diawali dengan pembukaan latihan oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang (Drs. H. GUGUY GURNITA SURAATMAJA, Msi). Pada kesempatan itu pula dihadiri oleh Kepala Sub Dinas Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga (Drs. TETE DIANTA) beserta Staf juga Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sumedang hadir pada waktu itu.
Selanjutnya Kegiatan Latihan dilaksanakan bertempat di Alun-alun Kabupaten Sumedang.

4. Pengasramaan (12 s/d 18 Agustus 2002)
Kegiatan Pengasramaan PASKIBRAKA dilaksanakan di Gedung Diklat Kandaga Guru Sumedang (KGS). Pada waktu itu pula dimulainya Latihan Gabungan dengan Pasukan ’45 Batalyon Infanteri 301/Prabu Kiansantang di bawah pimpinan Letda (Inf) Thomas serta dibantu oleh Bintara Pelatih Sersan Satu Aswani Kunto.
Diklat KGS pernah pula dipakai untuk pengasramaan PASKIBRAKA 1992;1993;1999 dan 2001 (sebelumnya (1). Barak Transito Transmigrasi;1994 (2) SLTPN 2 Sumedang;1995 (3)Barak Balacad 301/PKS;1996;1997;1998;1999;2001, (4) Penginapan Hegarmanah;2000) Masing-masing tempat memiliki arti dan kenangan tersendiri bagi mereka yang pernah tinggal).
Pada kegiatan ini selain dilaksanakan latihan yang berbentuk fisik disampaikan pula pelatihan non fisik, yakni penyampaian materi-materi dari Kepala Dinas Pendidikan (Drs. GUGUY G. SURAATMAJA, MSI); DPRD Sumedang (H.M.A ZAINAL ABIDIN), Assisten Administrasi Setda Kab. Sumedang (EMAN ROCHEMAN, Bc.An), Polres Sumedang (ATEP SUHERMAN). Juga pengenalan Duplikat Bendera Pusaka.

5. Pengukuhan (16 Agustus 2002)
Pengukuhan/Pelantikan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Sumedang Tahun 2002 bertempat di Gedung Negara Sumedang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sumedang (Drs. H. MISBACH). Turut hadir pada wakatu itu Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang termasuk Para Anggota DPRD Kabupaten Sumedang serta Para Orang Tua/Wali PASKIBRAKA itu sendiri.
Tepat Pukul 20.55 WIB PASKIBRAKA Kabupaten Sumedang Tahun 2002 secara resmi dikukuhkan, selanjutnya dilakukan Pemasangan Kendit secara simbolis terhadap Para Anggota PASKIBRAKA yang diwakili oleh Lurah Latihan ( IMAN dan RIKA).

6. Pelaksanaan (17 Agustus 2002).
Tak terasa puncak dari seluruh kegiatan Latihan PASKIBRAKA telah tiba. Ditandai dengan tampilnya PASKIBRAKA berikut Pasukan Pengawal ‘45 yang berasal dari Batalyon Infanteri 301/Prabu Kiansantang. Upacara Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan tepat pada pukul 08.30 WIB bertempat di Alun-alun Sumedang.
Alhamdulillah pada pelaksanaannya berjalan dengan cukup lancar meskipun masih terdapat kesalahan/kekeliruan dalam pelaksanaannya. Akan tetapi secara umum boleh dikatakan Berjalan Dengan Sukses. Pada waktu itu bertindak sebagai Danton Pasukan ’17 Asep Gilar Sagita (SMU Negeri 1 Darmaraja), Kibra terdiri dari Imat Rohimat (SMUN 2 Cimalaka), Brian Adi Kurniawan (SMU Al-Masoem) dan GURNITA AJI (SMUN 1 Cimalaka), Pembawa Duplikat Bendera Pusaka Winda Mailya (SMUN 1 Tanjungsari) didampingi oleh Sri Mulyati (SMKN 2 Sumedang). Sedangkan pada Upacara Penurunan Bendera, posisi Winda digantikan oleh Sri Mulyati. Bertindak sebagai Komandan Pasukan PASKIBRAKA Letda (Inf) Thomas
Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB, yang sebelumnya diawali dengan Pergelaran Kesenian (Gelar Senja). (Ada satu hal yang mungkin oleh Anggota PASKIBRAKA 2002 tidak diketahui, yakni pada saat Pergelaran Kesenian terjadi suatu “Insiden“ Ujung kain dari Duplikat Bendera Pusaka nyangkut pada besi kerekan tiang bendera, tak urung hal tersebut menyebabkan perasaan resah pada Senior/PPI yang kebetulan pada saat itu tiba lebih dahulu di Alun-alun. Tetapi berkat lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, tak disangka berhembuslah angin yang cukup kencang hingga kain yang nyangkut itu lepas dengan sendirinya, pada waktu itu juga berbarengan dengan datangnya Mobil Hidrolik PLN yang asalnya akan membetulkan Bendera tersebut)

7. Penerimaan Anggota PPI (18 Agustus 2002-dini hari)
Prosesi penerimaan Anggota Baru PPI dilaksanakan pada pukul 02.00 WIB bertempat di Halaman Islamic Centre Sumedang yang diawali dengan “Jurit Malam”.

8. Reuni PASKIBRAKA (18 Agustus 2002)
Reuni PASKIBRAKA dilaksanakan di Aula Pemerintah Kabupaten Sumedang, pada kesempatan itu sedikitnya digambarkan liku-liku pengalaman PASKIBRAKA dari tiap-tiap angkatan yang hadir pada waktu itu. Pada waktu itu pula dilakukan penyematan Lencana Anggota Purna Paskibraka Indonesia yang menandai secara resmi Anggota PASKIBRAKA 2002 bergabung dengan Purna Paskibraka Indonesia.

Dikutip dari Album Kenangan
PASKIBRAKA TAHUN 2002


SEKILAS PROSES TERBENTUKNYA PASKIBRAKA 2003


1. Seleksi PASKIBRAKA (8-9 April 2003)
Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kab. Sumedang Tahun 2003 dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 9 April 2003 bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan PGSD Sumedang. Jumlah anggota yang lolos pada Seleksi waktu seluruhnya berjumlah 35 Orang. Yakni :

1 Setianur Komara SMA N 3 Sumedang
2. Cindejayanimitta SMAN 1 Conggeang
3 Agus Permana SMAN 1 Tomo
4 Ajang Pradita SMAN 1 Cimalaka
5 Alam Suherlan SMKN 1 Sumedang
6 Ali Sambas SMK Pemuda
7 Andi Mulya Prasetia SMAN 1 Conggeang
8 Burhan sandhi Aribowo SMAN 1 Situraja
9 Dadan Ali Ramdani SMK YP Geusan Ulun
10 Dadang Hermawan SMK YASPRI
11 Dian Lestari Pebrianty SMAN 2 Sumedang
12 Elis Martini SMAN 1 Cimalaka
13 Eri Nopian Riswandi SMAN 1 Rancakalong
14 Ila Rijqilah SMKN 2 Sumedang
15 Indra Hermanto SMAN 2 Sumedang
16 Indriati Metiana SMK MM Sumedang
17 Nia Yuliani SMAN 1 Cimalaka
18 Nunni Fuji Royani SMA N 3 Sumedang
19 Nurhalela Meliawati SMAN 1 Tomo
20 Ratih Destriani Yanuar SMAN 2 Sumedang
21 Retta Sri Logikayanti SMAN 2 Cimalaka
22 Sary Yulianingsih SMKN 2 Sumedang
23 Sopian Iskandar SMAN 1 Sumedang
24 Synta Lisnawati Suherlan SMAN 2 Cimalaka
25 Wawan Setiawan SMK YASPRI
26 Wida Yuliandri SMUN 1 Sumedang
27 Yadi Setiawan SMKN 1 Sumedang
28 Yanto Prayoga SMK YP Geusan Ulun
29 Oman Suherman SMAN 1 Sumedang *)
30 Dede Intan SMA 1 Darmaraja *)
31 Fitri Susilawati SMA Petang *)
32 Dani Hilman SMK YPGU *)
33 Cahara Rahmadirifki SMAN 2 Sumedang *)
34 Melinda Hanif SMAN 1 Cikeruh *)
35 Siti Aedah SMU YKM Tj. Sari *)

*) Mengundurkan diri


Pada seleksi lanjutan tanggal 20 Mei 2003, berhasil dijaring perwakilan guna mengikuti Seleksi di Tingkat Propinsi Jawa Barat sebanyak 4 orang yakni SETIANUR KOMARA, YANTO PRAYOGA, CINDE JAYA NIMITTA, SARY. Pada akhirnya yang lolos seleksi Tingkat Jawa Barat 2 orang yaitu CINDE JAYA NIMITTA dan SETIANUR KOMARA, yang dilaksanakan tanggal 25-26 juni 2003 bertempat di Pusat Persenjataan Infantri (PUSSENIF) jl. W.R. SUPRATMAN Bandung.

2. Latihan Mingguan (mulai 29 Juni 2003)
Latihan Rutin/Mingguan dilaksanakan setiap hari minggu, mulai tanggal 29 Juni 2003 bertempat di komplek Kantor Pemerintah Kabupaten Sumedang.

3. Latihan Intensif (6 – 12 Agustus 2003)
Latihan Intensif dilaksanakan mulai tanggal 6 Agustus Agustus 2003 bertempat di Alun-alun dan Komplek Kantor Pemerintah Kabupaten Sumedang.

4. Pengasramaan (13-18 Agustus 2003)
Kegiatan Pengasramaan PASKIBRAKA dilaksanakan di Gedung Diklat KGS. Pada waktu itu pula dimulainya Latihan Gabungan dengan Pasukan ’45 Satuan Pengendalian Massa (DALMAS) Polres Sumedang di bawah pimpinan Ispektur Satu (IPTU) NANA SUMARNA serta dibantu oleh Pelatih Bapak SUKRA, Bapak HERRY dan Bapak Drs. EFFENDI WASYA

Diklat KGS pernah pula dipakai untuk pengasramaan PASKIBRAKA 1992;1993;1999;2001 dan 2002 (sebelumnya (1). Barak Transito Transmigrasi;1994 (2) SLTPN 2 Sumedang;1995 (3). Barak Balacad 301/PKS;1996;1997;1998;1999;2001, (4) Penginapan Hegarmanah;2000)

Pada tanggal 13 Agustus 2003 ini pula untuk pertama kalinya diadakan suatu acara penyerahan anggota Capaska 2003 dari Orang Tua/Wali yang dilanjutkan dengan acara silaturahmi antara Orang Tua/Wali dengan Pembina dan Pengurus PPI Kab. Sumedang

Pada setiap malam dilaksanakan disampaikan pula pelatihan non fisik/ceramah, yakni penyampaian materi-materi dari :
1. Pemerintah Kab. Sumedang
Pemberi ceramah : H. EDI SUWANDI, SH. MM
Jabatan : Assisten Pemerintahan
Isi materi : Pelaksanaan Otonomi Daerah
di Kabupaten Sumedang

2. DPRD Kab. Sumedang
Pemberi ceramah : DEDI SUMARDI
Jabatan : Wakil Ketua DPRD Sumedang
Isi materi : Peran dan Fungsi DPRD
Dalam Era Otonomi Daerah

3. Polres Sumedang
Pemberi ceramah : AKP Drs. WACHIDIN, SH
Jabatan : Kabag Bina Mitra Polres
Isi materi : Kenakalan Ramaja dan
Penyalahgunaan
Obat Terlarang

4. DPD KNPI Sumedang
Pemberi ceramah : 1. EDI RUSTANDI
2. THOMAS DARMAWAN
Jabatan : 1. Wakl Ketua
2. Bendahara
Isi materi : Peranan OKP dalam Kehidupan
Bermasyarakat


5. Pengukuhan (Sabtu, 16 Agustus 2003)
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tahun 2003 bertempat di Gedung Negara Sumedang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sumedang (DON MURDONO, SH. Msi). Turut hadir pada wakat itu Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang termasuk Para Anggota DPRD Kabupaten Sumedang serta Para Orang Tua/Wali PASKIBRAKA itu sendiri.

Tepat Pukul 20.45 WIB PASKIBRAKA Tahun 2003 secara resmi dikukuhkan, selanjutnya dilakukan Pemasangan Kendit secara simbolis kepada Anggota PASKIBRAKA yang diwakili oleh Lurah Latihan (YADI SETIAWAN dan ELIS MARTINI).


6. Pelaksanaan (Minggu, 17 Agustus 2003).
Tak terasa puncak dari seluruh kegiatan Latihan PASKIBRAKA telah tiba. Ditandai dengan tampilnya PASKIBRAKA berikut Pasukan Pengawal ‘45 yang berasal dari Sat DALMAS Polres Sumedang. Upacara Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan tepat pada pukul 09.40 WIB bertempat di Alun-alun Sumedang.

Alhamdulillah pada pelaksanaannya berjalan dengan cukup lancar meskipun masih terdapat kesalahan/kekeliruan dalam pelaksanaannya. Akan tetapi secara umum boleh dikatakan Berjalan Dengan Sukses. Pada waktu itu bertindak sebagai Danton Pasukan ’17 YANTO PRAYOGA dan Pembawa Duplikat Bendera Pusaka NIA YULIANI. Bertindak sebagai Komandan Pasukan PASKIBRAKA IPTU NANA SYUMARNA (dari Polres Sumedang)

Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB, yang sebelumnya diawali dengan Pergelaran Kesenian.


7. Penerimaan Anggota PPI (Senin, 18 Agustus 2003)
Prosesi penerimaan Anggota Baru PPI dilaksanakan pada pukul 02.00 WIB Dini hari bertempat di Halaman Islamic Centre yang diawali dengan “Jurit Malam”.
Pada pukul 04.50 WIB bertempat di Halaman Diklat KGS dilakukan penyematan Lencana Anggota Purna Paskibraka Indonesia yang menandai secara resmi Anggota PASKIBRAKA 2003 bergabung dengan Purna Paskibraka Indonesia.



Dikutip dari Album Kenangan
PASKIBRAKA TAHUN 2003













SEKILAS PASKIBRAKA 2004


1. Seleksi PASKIBRAKA (15-16 April 2004)
Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kab. Sumedang Tahun 2004 dilaksanakan pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 15-16 April 2004 bertempat di Dinas Pendidikan. Calon anggota yang lolos pada seleksi berjumlah 36 Orang dari keseluruhan peserta sebanyak 111 Orang. Meraka adalah :

1. Dodi Rohman SMK YPGU Sumedang
2. Rizki Ferdiana Nugraha SMA N 1 Cimalaka
3 Abidin Rahmat SMK YPGU Sumedang
4 Aci Nurhayat SMA N 1 Rancakalong
5 Ai Odah SMA N1 Tanjungsari
6 Amar Haerudin MA N 1 Sumedang
7 Asep Anda Kusnandar SMA N 1 Conggeang
8 Daen Nur Rois SMA N 1 Darmaraja
9 Dede Jubaedah SMA N 2 Cimalaka
10 Dedeh Komariah SMK Pasundan Tj. Sari
11 Deriyani Hadi Apuri SPP SPMA Tanjungsari
12 Dodi Iskandar SMA N 2 Sumedang
13 Endi Suwandi SMK. Pemuda
14 Feny Juju Juliya SMA N 3 Sumedang
15 Gina Afrianie SMK N 1 Sumedang
16 Herman Rizki M SMA Negeri 1 Cimalaka
17 Iis Susilawati MA Drl Hikmh Tj. Kerta
18 Imas Yulianti SMK MM Sumedang
19 Intan Amalia Agustiana MAN 1 Sumedang
20 Irma Oktavianti SMK N 2 Sumedang
21 Iwan Budiyono SMK KORPRI Sumedang
22 Jajang Maryana SMK N 1 Sumedang
23 Karliani SMA Negeri wado
24 Lina Lidiawati SMA N 1 Rancakalong
25 Neng Risa Susasnti SMA N 1 Situraja
26 Nur Nopitasari SMA N 1 Sumedang
27 Nurjanah Sudiani SMA N 1 Sumedang
28 Olis Nurjanah SMK YPK Sumedang
29 Rinrin Sri Eviani SMA N 1 Sumedang
30 Ristandi SMK PGRI Sumedang
31 Rohendi Diaryana SMA N 1 Situraja
32 Sukmawati N. Desiani SMK N 2 Sumedang
33 Susilawati SMA N 1 Tanjungkerta
34 Tata Supena SMA N 1 Sumedang
35 Wina Puspita Karnawijaya SMA Negeri 1 Cimalaka
36 Yayang Rhona Adam SMA N 1Conggeang


Pada seleksi lanjutan tanggal 19, 12 dan 16 Mei 2004 berhasil dijaring Perwakilan guna mengikuti Seleksi di Tingkat Propinsi Jawa Barat sebanyak 4 orang, yakni Rinrin Sri Eviani, Dodi Rohman, Rizky Ferdiana Nugraha dan Nur Nopitasari. Pada akhirnya yang lolos seleksi Tingkat Jawa Barat sebanyak 2 orang yakni, Dodi Rohman dan Rizky Ferdiana Nugraha

2. Latihan Mingguan (mulai 9 Mei 2004)
Latihan Mingguan dilaksanakan setiap hari Minggu, mulai tanggal 9 Mei 2004 bertempat di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Sumedang.
Untuk pertama kalinya dalam “sejarah” PASKIBRAKA di Kabupaten Sumedang, sebelum melaksanakan tugas pengibaran/penurunan Duplikat Bendera Pusaka para CAPASKA 2004 mendapatkan Kehormatan, secara khusus di undang Makan Malam oleh Bupati Sumedang (DON MURDONO, SH. M.Si), sekaligus mendapat Bea Siswa selama rentang waktu 1 (satu) tahun, pada kesempatan itu pula Bapak Kapolres (AKBP Drs. YOYOK SOEBAGIONO. SH. M.Si) menjanjikan pembuatan SIM gratis. Saat itu pula hadir Ketua Pengurus Daerah Purna Paskibraka Indonesia Propinsi Jawa Barat (Borkat Parlindungan Harahap. SH), beliau menyatakan salut dan angkat jempol pada PPI Kabupaten Sumedang atas “manuver” yang dilakukan hingga menghasilkan buah manis bagi Capaska Tahun 2004 dan PPI.
Lain halnya Bapak DANDIM 0610 Sumedang, beliau disela-sela kesibukannya menyempatkan hadir menengok Capaska 2004 pada saat Latihan Mingguan dan memberikan sekedar ”uang cendol” dan berjanji memfasilitasi anggota PASKIBRAKA 2004 yang berkeinginan berkarir di lingkungan militer


3. Latihan Intensif (4-10 Agustus 2004)
Latihan Intensif dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 10 Agustus 2004 bertempat di Alun-alun Kab. Sumedang


4. Pemusatan Latihan (12-18 Agustus 2004)
Kegiatan Pemusatan Latihan PASKIBRAKA dilaksanakan di Gedung Diklat KGS. Pada waktu itu pula dimulainya Latihan Gabungan dengan Pasukan ’45 dari Satuan Pengendalian Massa (DALMAS) Polres Sumedang di bawah pimpinan Inspektur Dua (Pol) Nanang Sukmajaya serta dibantu oleh Bintara Pelatih Brigadir (Pol) Sukra. B. Engkos

Pada tanggal 12 Agustus 2004 itu pula diadakan acara penyerahan anggota Capaska 2004 dari Orang Tua/Wali yang dihadiri pula oleh Para Pembina Paskibra Sekolah/Satuan yang dilanjutkan dengan acara silaturahmi.

Selain mengikuti latihan lapangan pada siang harinya, Capaska 2004 mendapatkan pengarahan /wejangan sebagai motivasi serta pemacu semangat dalam menghadapi tugas pokok Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka 17 Agustus 2004 mendatang, diantaranya dari :


1. DPRD Kabupaten Sumedang (12 Agustus 2004)
Pemberi Pengarahan : Donny Ahmad Munir, ST
Jabatan : Ketua Fraksi PPP

2. POLRES Sumedang (12 Agustus 2004)
Pemberi Pengarahan : Komisaris (Pol) Wachidin
Jabatan : Kepala Bagian Bina Mitra

3. Pemerintah Kab. Sumedang (13 Agustus 2004)
Pemberi Pengarahan : Drs. Ali Bajri. MM
Jabatan : Kepala Badan Kesbang

4. KODIM 0610 Sumedang (14 Agustus 2004)
Pemberi Pengarahan : Letkol (Kav) Mushadi
Jabatan : Komandan Kodim 0610

5. BKKBN Sumedang (14 Agustus 2004)
Pemberi Pengarahan : Drs. Munir
Jabatan : Kepala Kantor KB


Pada hari Jum’at 13 Agustus 2004 (malam hari), setelah selesai Pengarahan dilakukan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Capaska 2004, yang didalamnya terselip skenario pemberian ucapan selamat ulang tahun bagi 3 Orang Capaska yang berulang tahun pada bulan Agustus yaitu Iwan Budiyono (7-8-1987) Karliani (8-8-1986), Tata Supena (12-8-1986).


6. Pengukuhan (Senin, 16 Agustus 2004)
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tahun 2004 bertempat di Gedung Negara Sumedang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sumedang. Turut hadir pada waktu itu unsur Muspida, para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang termasuk Para Anggota DPRD Kabupaten Sumedang yang baru di lantik serta Orang Tua/Wali.

Tepat pukul 21.05 WIB PASKIBRAKA Tahun 2004 secara resmi dikukuhkan, selanjutnya secara simbolis dilakukan Pemasangan Lencana Kepemimpinan, Ephaullete serta Kendit kepada Lurah Latihan Herman Rizki Mulyana dan Neng Risa Susanti.

Selanjutnya Bupati Sumedang menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada orang tua PASKIBRAKA yang diwakili oleh orang tua Dodi Iskandar dan Rinrin Sri Eviyani. Beasiswa tersebut berupa tabungan Simpedes.


7. Pelaksanaan (Selasa, 17 Agustus 2004).
Tanpa terasa puncak dari seluruh kegiatan telah tiba. Upacara Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan tepat pada pukul 09.30 WIB bertempat di Alun-alun Sumedang.

Alhamdulillah pada pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan secara umum dinyatakan BERHASIL. Bertindak sebagai Komandan Pasukan ’17 Tata Supena, Pembawa Duplikat Bendera Pusaka Sukmawati Natalia Desiani (pengibaran) serta Dede Jubaedah (penurunan), Pengibar Bendera terdiri dari Herman, Dodi Iskandar dan Abidin Rachmat serta yang bertindak sebagai Komandan Pasukan Paskibraka Inspektur Dua (Pol) Nanang Sukmajaya

Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan pada pukul 17.30 WIB, yang sebelumnya diawali dengan Gelar Senja.





8. Penerimaan Anggota PPI (Rabu, 18 Agustus 2004)
Prosesi penerimaan Anggota Baru PPI bertempat di Diklat KGS Sumedang ditandai dengan penyematan Lencana Anggota Purna Paskibraka Indonesia yang menandakan secara resmi Anggota PASKIBRAKA 2004 bergabung dengan Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sumedang.


Dikutip dari Album Kenangan
PASKIBRAKA TAHUN 2004





























SEKILAS TERBENTUKNYA PASKIBRAKA 2005


1. Seleksi PASKIBRAKA (11-12 April 2005)
Seleksi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kab. Sumedang Tahun 2005 terbagai dalam beberapa tahapan seleksi. Tahapan pertama seleksi administrasi, pada tahapan dari 158 peserta berhasil dijaring guna mengikuti seleksi tahap 2 sebanyak 113 orang.

1. Adang Supriatna SMA 1 Sumedang
2. Ade Suryadi SMKN 1 Sumedang
3. Agung Udara Permana SMAN 1 Cimalaka
4. Ai Nurjanah Hidayat SMAN 1 Conggeang
5. Ai Siti Nurmalasari SMK Muhamadiyah 1
6. Alin Widayanti SMAN 2 Sumedang
7. Apong Nuraeni SMAN 1 Darmaraja
8. Asep Andriana SMAN 1 Rancakalong
9. Asep Priatna SMAN 2 Cimalaka
10. Budi Permana SMAN 1 Conggeang
11. Dede Heryana SMAN 1 Rancakalong
12. Dede Setiawan SMK Ypgu Sumedang.
13. Dede Wahyu Suarna SMKN 1 Sumedang
14. Iim Abdurohim SMK Ypgu Sumedang.
15. Iin Solihin SMK Ypsa
16. Ira Maulin Octorina SMAN 1 Tanjungsari
17. Irma Gustini SMAN 1 Cimalaka
18. Irvana Rahmat Nugraha SMAN 1 Cimalaka
19. Jajang Muhidin MAN 1 Sumedang
20. Kholis Yuliawati SMA 1 Sumedang
21. Kinkin Kusmiati SMAN 1 Rancakalong
22. Komalasari SMK Pgri Situraja
23. Lisa Noviyani SMKN 1 Sumedang
24. Moch Syarifudin Maulana SMAN 1 Situraja
25. Nana Sutrisna SMAN 1 Situraja
26. Neneng Susanti SPP-SPMA Sumedang
27. Nia Widaningsih SMAN 1 Rancakalong
28. Nita Nurhayati SMAN 1 Situraja
29. Nurita Rahayu SMA YKM Tj. Sari
30. Rani Rosmaya SMK Pasundan
31. Ristiani Amalia SMA Al-Masoem
32. Ruhiyat SMAN 1 Situraja
33. Setiawati SMAN 2 Sumedang
34. Suseno Sugiarto SMAN 1 Conggeang
35. Ujang Rohendi SMK Korpri Sumedang
36. Yani Handayani SMA 1 Sumedang


Seleksi tahap dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 11-12 April 2005 bertempat di Dinas Pendidikan dan PGSD Sumedang. Calon anggota yang lolos pada seleksi ini berjumlah 36 Orang dari peserta sebanyak 113 Orang.

2. Latihan Mingguan (mulai 8 Mei 2005)
Latihan Mingguan dilaksanakan setiap hari Minggu, mulai tanggal 8 Mei 2005 bertempat di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Sumedang. Dalam tahapan ini proses ”seleksi alam” terjadi, ditandai dengan gugurnya salah seorang Capaska yang mengundurkan diri dengan suatu sebab. Tak hilang langkah, dengan cepat dan tepat PPI dengan seizin pihak Dinas Pendidikan berupaya mengisi posisi yang ditinggalkan Capaska tersebut, alhasil dalam waktu tidak lama, PPI berhasil melengkapi jumlah bilangan Capaska 2005 sebanyak 36 orang kembali.

Pada latihan ini juga dilakukan penyeleksian untuk Calon Paskibraka Propinsi Jawa Barat, berhasil dipilih Ai Siti Nurmalasari, Asep Priatna, Lisa Noviani dan Ujang Rohendi. Mereka berempat dikirimkan guna mengikuti seleksi di tingkat Propinsi Jawa Barat, pada akhirnya sesuai dengan hasil seleksi di tingkat Propinsi, yang berhak mengikuti Pemusatan Latihan Paskibraka Propinsi Jawa Barat adalah Ai Siti Nurmalasari dan Asep Priatna. Khusus bagi SMK Muhammadiyah I, Tahun 2005 ini merupakan sejarah, dimana untuk pertama kalinya anggota Paskibra dari satuan ini mampu lolos ke tingkat Propinsi Jawa Barat.

3. Latihan Intensif (5-11 Agustus 2005)
Latihan Intensif dilaksanakan setiap hari terhitung tanggal 5 sampai dengan 11 Agustus 2004 mulai pukul 07.00 hingga 17.00 bertempat di Alun-alun Kab. Sumedang. Dalam latihan ini semua pihak baik Capaska ataupun Pelatih sendiri dituntut untuk hadir tepat waktu, hingga tak sedikit Capaska yang ikut nginap/numpang tidur pada saudara/rekannya yang berdomisili di daerah Sumedang Kota.

Seakan tak mau kalah, Pelatih pun ada yang bela-belain menginap di Sekretariat Drum Band GST meski diantara mereka ada yang berdomisili tak begitu jauh. (takut kesiangan kali-red). Mereka ini diantaranya Kang Yayan 93, Kang Ujang ’93, Kang Rifin ’99, Kang Aan ’99, Kang Dedi ’97, Kang Yadi ’03, Kang Ali ’03.

4. Pemusatan Latihan (12-18 Agustus 2005)
Kegiatan Pemusatan Latihan PASKIBRAKA dilaksanakan di Gedung Diklat KGS. Diawali dengan acara serahterima peserta Puslat PASKIBRAKA dari orang tua/wali kepada Dinas Pendidikan dan PPI Kab. Sumedang yang dilanjutnya dengan Silaturahmi OrangTua/Wali dan Pembina dengan Jajaran Dinas Pendidikan dan PPI Kab. Sumedang. Pada hari itu juga PASKIBRAKA 2005 mulai latihan bersama dengan Pasukan 45 dari Polres Sumedang di bawah pelatih Brigadir Kepala Sukra B. Engkos.

Selain mengikuti latihan lapangan pada siang hari, Capaska 2005 mendapatkan pengarahan/wejangan dalam melaksanakan tugas Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera, diantaranya dari :

1. DPRD Kabupaten Sumedang (12 Agustus 2005)
Pemberi Pengarahan : Huliman Abdul Gofur, S.Sos
Jabatan : Sekretaris Komisi C DPRD

2. POLRES Sumedang (12 Agustus 2005)
Pemberi Pengarahan : Komisaris (Pol) Sanang
Jabatan : Kepala Bagian Bina Mitra

3. Dinas Pendidikan Kab. Sumedang (13 Agustus 2005)
Pemberi Pengarahan : Kepala Bag Tata Usaha
Para Kasubdin
Kasi Bina Kepemudaan
- Drs. Dadi Mulyadi, MPd
- Drs. Feddy Fadilah, MPd
- Drs. Mardjohan, MM
- Drs. Eem
- Drs. Rahman Setia, MM. MBA
- Drs. Agus Tuptup

4. KODIM 0610 Sumedang (14 Agustus 2005)
Pemberi Pengarahan : Letkol (Kav) Mushadi
Jabatan : Komandan Kodim 0610

5. Kejaksaan Negeri Sumedang (14 Agustus 2005)
Pemberi Pengarahan : Rohenda Wibisana, SH
Jabatan : Kajari Sumedang


Pada hari Jum’at 12 Agustus 2005 (malam hari), setelah selesai Pengarahan dilakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Capaska 2005 pada hari itu. Selanjutnya pada hari Sabtu (13 Agustus) dini, sekitar pukul 01.30 WIB Capaska dibangunkan kembali dengan serentak. Pada saat mereka dibangunkan ternyata tak sedikit Capaska yang begitu ”kebluk” sehingga cukup merepotkan bagi senior yang pada waktu bertugas membangun mereka. Secara spontan terlontar ungkapan ”Kebo 1” untuk Kamar Puteri 1 dan ”Munding 2” bagi Kamar Puteri 2. Selidik punya selidik ternyata maksud dibangunkan dan dibariskannya Capaska itu hanya untuk sekedar menerima ucapan singkat ”Selamat Malam dan Selamat Tidur” dari salah seorang Senior.

Tanggal 14 Agustus 2005 diadakan acara perayaan ulang tahun secara masal bagi Capaska yang lahir di bulan Agustus yang didahului dengan drama yang skenario cukup menegangkan dan mengejutkan bagi mereka yang berulang tahun pada saat itu. Empat orang Capaska yang berulang tahun pada bulan Agustus kali ini yaitu Nurita (8-8-1988) Nia Widaningsih (14-8-1989) Iim Abdurohim (18-8-1989), Irma Gustini (29-8-1989).

Selain acara-acara yang tertulis diatas, masih banyak lagi kejadian-kejadian yang menarik sebagai ”bumbu/pernak-pernik” pelatihan yang tidak dapat diuraikan satu persatu.


6. Pengukuhan (Selasa, 16 Agustus 2004)
Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pengukuhan PASKIBRAKA khususnya di Kabupaten Sumedang, pengukuhan dilaksanakan pada sore hari (biasanya malam hari-red). Upacara Pengukuhan yang seyogyanya dilaksanakan tepat pada pukul 16.00 WIB, dalam pelaksanaannya ngaret hampir 15 menit, hal ini dikarenakan cukup mepetnya waktu untuk persiapan anggota Paskibraka di Asrama, baik itu mulai dari pakaian, make up dan lain-lain. Hal ini cukup membuat gusar Bapak DANDIM yang sangat peduli dengan PASKIBRAKA sampai Beliau tanpa sungkan-sungkan dengan suara yang lantang berteriak “langkah panjang” tatkala PASKIBRAKA 2005 muncul di Gerbang Kantor Pemda. Tetapi alhamdulillah upacara pengukuhan dapat berjalan dengan lancar dan tertib, meskipun ada satu hal yang terasa hilang, yakni “kehidmatan” kalimat itu terlontar dari beberapa senior PPI yang dari tahun ke tahun selalu mengikuti upacara pengukuhan. hal ini mungkin disebabkan karena kondisi lingkungan dan belum terbiasanya pengukuhan pada sore hari. Tapi tak apalah, karena tak sedikit pula dampak baiknya yang ditimbulkan pabila pengukuhan dilaksanakan sore hari.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bapak Bupati Sumedang. Komandan upacara pada saat itu adalah Lurah Latihan Paskibraka 2005 (Adang Supriatna). Turut hadir pada waktu itu unsur Muspida, anggota DPRD dan para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang serta Orang Tua/Wali Paskibraka serta Kepala Sekolah dan Pembina Paskibra Satuan.

Tepat pukul 16.30 WIB PASKIBRAKA Tahun 2005 secara resmi dikukuhkan, selanjutnya dilakukan Pemasangan Lencana Kepemimpinan, Ephaullete serta Kendit secara simbolis kepada KHOLIS YULIAWATI dan AGUNG UDARA PERMANA sebagai perwakilan PASKIBRAKA yang dikukuhkan.


7. UPACARA PUNCAK (Rabu, 17 Agustus 2005).
Upacara Puncak Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-60 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2005 yang ditandai dengan Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka yang dilaksanakan tepat pada pukul 09.30 WIB bertempat di Alun-alun Sumedang.

Alhamdulillah pada pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan secara umum dinyatakan BERHASIL/SUKSES. Bertindak sebagai Komandan Pasukan ’17 Irvana Rahmat Nugraha, Pembawa Duplikat Bendera Pusaka Lisa Noviani (Pengibaran) serta Kinkin Kusmiati (Penurunan), Pengibar Bendera terdiri dari Agung Udara Permana, Ujang Rohendi dan Budi Permana serta yang bertindak sebagai Komandan Pasukan Paskibraka Inspektur Dua (Pol) Tanda Josevin Hutajulu, Kanit Jatanras Polres Sumedang.

Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka dilaksanakan pada pukul 17.30 WIB, yang sebelumnya diawali dengan Gelar Senja, yang berisikan penampilan Display Drum Band Gita Swara Tandang Pemkab Sumedang dan Kesenian Tradisional lainnya.


8. Malam Keakraban di Kampung Toga (Rabu, 17 Agustus 2005)
Sebagai salah satu kado bagi para anggota Paskibraka yang telah selesai melaksanakan tugas dengan sukses dan lancar, sekedar untuk melepaskan segala kepenatan yang hampir selama 2 minggu berturut-turut dirasakan baik bagi Paskibraka maupun Panitia Puslat, mendapat kehormatan menikmati hiburan yang dilaksanakan di Kampung Toga, atas prakarsa Dinas Pendidikan.
Ada satu yang kejadian yang cukup menggelikan, dimana para anggota Paskibraka berangkat salah tujuan, yang seharusnya di Cafe Kampung Toga, eh malah ke Gunung Gadung. Tak urung hal ini membuat gusar para senior PPI, takut terjadi hal-hal yang tak diharapkan.

9. Penerimaan Anggota PPI (Kamis, 18 Agustus 2005)
Prosesi penerimaan Anggota Baru PPI bertempat di Diklat KGS Sumedang ditandai dengan penyematan Lencana Anggota Purna Paskibraka Indonesia yang menandakan secara resmi Anggota PASKIBRAKA 2005 bergabung dengan Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sumedang.

Dikutip dari Album Kenangan
PASKIBRAKA TAHUN 2005

1 Comments:

At 9:53 PM, Blogger Sudarma Sopian, S.T said...

Ini kan blog PURNA PASKIBRAKA INDONESIA KAB. SUMEDANG tapi kenapa hanya memiliki data PPI angkatan 2000-2005.
Orang yang ada disebelahku angkatan 97 tidak diakui?

 

Post a Comment

<< Home